Diabetes?

eh ki, sekalinya nulis kenapa malah bahas beginian? Ya habis saya gatel pengen cerita tentang bapak saya yang 1 bulan ini dinyatakan positif diabetes mellitus, cekidot

Pada awalnya, pasien sering kali tidak menyadari bahwa dirinya mengidap diabetes melitus, bahkan sampai bertahun-tahun kemudian. Namun, harus dicurigai adanya DM jika seseorang mengalami keluhan klasik DM berupa:

  • poliuria (banyak berkemih)
  • polidipsia (rasa haus sehingga jadi banyak minum)
  • polifagia (banyak makan karena perasaan lapar terus-menerus)
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya

Jika keluhan di atas dialami oleh seseorang, untuk memperkuat diagnosis dapat diperiksa keluhan tambahan DM berupa:

  • lemas, mudah lelah, kesemutan, gatal
  • penglihatan kabur
  • penyembuhan luka yang buruk
  • disfungsi ereksi pada pasien pria
  • gatal pada kelamin pasien wanita

Referensi: http://diabetesmelitus.org/gejala-diabetes-melitus/
DiabetesMelitus.org

dan dari uraian diatas, bapak saya mengalami semua keluhan klasik diabetes melitus dan dua keluhan tambahan yaitu lemas, mudah lelah, kesemutan dan penglihatan kabur. Awalnya bapak saya gak peduli sama gejala klasik yang terjadi dan menganggap dia cuma kelelahan biasa, tapi semakin hari berat badannya semakin turun dan bikin saya dan ibu saya penasaran. akhirnya bapak saya ini nyerah dan minta diantar ke rumah sakit, di rumah sakit diagnosa awal dari dokter umum gangguan di saluran pencernaan tapi setelah melewati cek tensi, radiologi dan gula ketauan deh gula darah ayah saya itu udah 370 mg/dL, Awalnya kami kaget karena dari keluarga gak ada yang diabet
                setelah flashback, bapak saya ngaku kalo sewaktu lagi dinas luar lapangan dia gak bisa ngontrol makannya dia makan nasi padang pakai nambah beberapa kali dan minum yang manis-manis kaya teh telur, teh tarik, teh es kopi susu, teh susu dkk, eh iya bapak saya ini dulunya kolesterol tinggi dan setelah diabet ini kolesterolnya hilanggg. sekarang ibu mengontrol makanan bapak, kalau sarapan pagi oats, makan siang dan malam nasi putih diganti jadi nasi merah, cemilan? cemilannya yang pasti buah yang gak manis-manis dan gabisa olahraga terlalu berat ataupun lama, makanya waktu saya ulangtahun cieee bapak saya minta saya beli kue tart sendiri tapi gajadi karena kasian kalo liat bapak saya cuma ngeliatin aja tapi gak bisa makan 😦
               dan pelajaran yang saya dapat dari bapak saya adalah DIET!!! ya, saya harus diet gak diet juga sih yang penting bisa menjaga makan, gak minum yang manis manis dan yang pasti OLAHRAGA!!! zzZZZZ
7 thoughts on “Diabetes?

Leave a Reply

