Mengurus Surat-Surat Yang Hilang

halo !

kali ini saya mau berbagi pengalaman saya tentang Mengurus Surat-Surat Yang Hilang, Khusus untuk wilayah Pekanbaru. kalo wilayah lain saya gaktau ya. Surat-surat yang hilang disini kaya KTP,SIM,STNK dan Kartu ATM. okay here we go

bulan september yang lalu, saya kehilangan dompet saya. di dompet itu berisi uang, SIM, STNK Motor dan Kartu ATM yang merangkap Kartu Mahasiswa saya. Saya kehilangan dompet saya itu hari kamis sehabis main dirumah teman saya dan jalan sama adik saya, tapi sayangnya saya baru ingat di hari jumat waktu saya mau window shopping poor me. saya panik dong, pertama saya pikir saya cuma salah letak atau kececer dirumah atau dirumah teman saya itu. setelah dicari-cari gak ketemu. Padahal kata teman saya, saya itu termasuk orang yang suka cek barang-barang saya sebelum pindah ke tempat lain mungkin juga lagi apes-apesnya yak. Setelah acara nangis-nangisan semalaman, saya urus deh segala macemnya. kita mulai dari surat yang paling penting. oh ya sebelum ngurus surat-surat yang hilang, kalian harus minta surat kehilangan dari kepolisian setempat,kalo saya waktu itu mintanya di Polsek Bukitraya.

1. KTP

ada tuh waktu itu saya denger e-KTP ga boleh di fotocopy, ya kan? ralat kalo saya salah ya. jadi saya gak punya foto copy-nya. huhu. yang ada foto copy-an KTP lama itupun entah kemana. huhuhu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke Kantor Kelurahan dimana kalian terdaftar. sewaktu kesana saya diminta menunjukkan foto copy ktp saya yg hilang kalo gak ada didenda 300 ribu. iya 300 ribu bener deh saya waktu itu malah ditantang nanya ke lurahnya sekalian. saya berasa dipersulit udah hilang didenda lagi, gimana sama orang yang ktp nya hilang tapi ga punya duit?huh. akhirnya saya tanya deh sama bapak saya ada gak foto copy ktp saya. Alhamdulillah, ternyata bapak saya punya foto copy-nya. jadi di kantor lurah kalian harus nyerahin :

  • foto copy ktp yang hilang
  • surat keterangan hilang dari kepolisian
  • surat keterangan dari RT atau RW tempat tinggal (ini gampang mintanya kok)
  • kartu keluarga asli

nanti setelah kalian kasih itu ke petugas kelurahan, tunggu sebentar untuk dibuat surat ke kantor Kecamatan. bayar 10 ribu, selesai urusan. selanjutnya kalian ke kantor camat. waktu itu saya ke kantor camat Marpoyan Damai, usahakan datang pagi sekitar jam 8, serahin deh semua yang udah dikasih petugas kelurahan itu, foto dan bayar seikhlasnya. yang saya agak kaget, pembuat ktp biasanya kan butuh waktu 14 hari, kalo ktp saya ini agak unik siapnya 1 bulan coy!! padahal saya udah ngotot bilang 14 hari sama mbaknya tapi mbaknya bilang coba aja dalam waktu 14 hari kesini pasti belum siap fiuh~ ini bukan e-KTP loh. saya pernah baca di kota lain yang kalo ktp hilang cuma 1 hari selesai

2. SIM

ini mah paling enak ngurusnya, bermodal sotoy, saya ngajak temen saya nungguin mobil SIM keliling, waktu itu saya nunggunya di MTQ, untuk surat-suratnya ini dia:

  • fotocopy ktp (yang hilang)
  • fotocopy sim (untung saya punya)
  • fotocopy Kartu Keluarga

setelah itu kalian diminta mengisi form pembuatan SIM, ngantri, dipanggil, foto sama scan sidik jari, dan SIM pun siap. untuk pengurusan 2 sim (sim A dan sim C) ditambah dengan Surat Keterangan Sehat dikenakan 245 ribu, (kalo sim hilang dan ada fotocopy sim nya ada dikenakan sama dengan perpanjangan). kalo ga punya fotocopy nya ya silahkan buat ditempat kalian buat pertama kalinya. ini ada jadwal sim keliling

3. STNK

karena STNK  atas nama bapak, jadi bapak yang ngurus. saya cuma ngurus Surat Keterangan Bebas Tilang dari Poltabes (suratnya warna pink) dengan membawa BPKP motor yang asli dan fotocopy. biayanya? Gratis

4. Kartu Mahasiswa

Ngurus KTM ini sebenarnya cukup mudah, tapi karena kampus nya jauh di panam sono, saya agak ogah-ogahan ngurusnya. khusus untuk mahasiswa Universitas Riau, hal yang pertama harus dilakukan adalah:

  • minta surat untuk pembuatan ktm baru ke Rektorat Lt.3 bagian Masyarakat
  • lalu isi suratnya dan bayar ke bank BTN terdekat sebesar 35 ribu
  • setelah itu pergi ke puskom untuk pencetakan ktm yang baru, jangan lupa lihatkan surat keterangan hilang dari kepolisian yang tadi ituloh, karena KTM itu juga berfungsi untuk buka barrier gate, jadi harus di tapping di rektorat bagian humas, jadi balik lagi deh ke rektorat
  • aktifkan kartunya ke bank BTN tempat dimana kita buka rekening, tunjukkin suratnya keterangan hilang sama ktp nya, prosesnya agak lama sih, karena sama dengan buka rekening baru. untuk biaya gratis

Lesson:

selalu fotocopy surat-surat kayak ktp dkk tadi, kalo bisa di scan sekalian. saya benar-benar kapok jangan sampai keulang lagi, rempongggg ngurusnya lebih-lebih ngurus ktp tadi,bisa tarik urat sama petugasnya. ktp dibutuhkan untuk ngurus surat-surat yang lainnya

awalnya saya gak percaya denda 300 ribu itu, setelah saya sendiri yang ngalamin baru deh saya percaya. saya mikir kok gitu banget, saya juga gak mau ktp saya hilang, ya namanya musibah. untung bapak saya nyimpen copy nya, kalo engak brrrr 300 ribu dadah bhay! waktu saya dikantor lurah ada juga mbak-mbak yang ktp nya hilang dan gak punya copy nya hanya bisa pasrah. bener-bener pelajaran buat saya untuk lebih hati-hati

ada yang ngalamin pengalaman yang sama dengan saya? share dong! 🙂

4 thoughts on “Mengurus Surat-Surat Yang Hilang

    • Asik ya mbak kalo kantor yg ngurusin. Cuma kalo ktp jgn sampe hilang deh mbak. Aku juga kaget waktu petugas lurah sama camatnya blg kalo gak ada fotocopy an didenda 300ribu -_-

      Like

Leave a Reply

